Sabtu, 13 Agustus 2011

Bakmi Roxy dan Ropita Boga Rasa, Kelezatan di Cikini Raya


Bakmi Roxy
Cikini, menyimpan wisata kuliner yang asik buat ditelusuri. Wisata kuliner di sini memang tidak seheboh di Jalan Sabang, namun untuk pilihan jenis makanan dan rasa tak mungkin kalah. Makanan di sini hampir semuanya enak, apalagi jika dalam keadaan sangat lapar. Mungkin untuk yang tinggal atau berkantor di dekat Cikini sudah tidak asing lagi dengan Bakmi Roxy dan Ropita Boga Rasa. Letaknya sangat strategis, tepat di pinggir jalan dekat dengan Kantor Pos Cikini serta di kejauhan terlihat Holland Bakery.

Seperti kata seorang teman, Bakmi Roxy tidak pernah sepi kecuali ketika dagangannya habis. Benar saja, ketika saya datang untuk membeli semangkuk bakmi pastinya juga untuk teman – teman yang lain, tak tersisa tempat duduk satu pun untuk kami berkumpul. Penuh. Akhirnya saya dan teman – teman memutuskan untuk mengunjungi Ropita Boga Rasa yang menjual aneka cemilan roti bakar dan pisan bakar, serta macam – macam bubur. Sekalian mencoba.

Ropita Boga Rasa sendiri menempati lokasi yang tidak jauh dari Bakmi Roxy, jadi kami bisa makan di sini. Sambil menunggu bakmi jadi, tak ada salahnya kalau kita memesan Pisang Coklat Keju, Roti Bakar Keju Coklat dan Roti Komplit yang isinya kacang, keju dan coklat.

Sambil menunggu hidangan tersebut siap untuk dihidangkan, kita bisa menikmati suguhan live music yang tidak lain adalah kehadiran para pengamen yang menyanyikan lagu – lagu hits masa kini. Jadi kalau berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk membawa pecahan rupiah untuk sekedar berbagi. Es Jeruk menemani saat menanti Bakmi Roxy siap untuk dihidangkan.

Bakmi yang terlihat mengkilap serta kering dengan taburan bawang goreng dan berwarna kecoklatan dihiasi bakso yang nampak menggugah selera membuat saya tak sabar untuk menikmati. Sedikit dicampur dengan kuah kaldu yang disajikan terpisah ditambah sedikit sambal cair dan saos untuk menciptakan citarasa yang pastinya asik di lidah. Lezat.
Bakmi Yamin tanpa kuah
Rasa gurih dan legit, teksturnya lembut dan tidak terlalu ngembang, rasa bakmi ini sangat enak. Berbeda dengan bakmi – bakmi yang pernah saya cicipi. Bakmi ini juga tidak besar, kecil dan tidak melar, mungkin ada rahasia di balik panjangnya bakmi. Entahlah, yang jelas, bakmi ini enak sekali. Kalau dikunyah perlahan, rasanya kenyal. Asik diajak kerjasama dengan organ dalam mulut.

Ketika sedang asik menikmati bakmi roxy, pesanan roti bakar coklat keju, roti komplit dan pisang coklat keju tersaji. Aroma wangi semerbak seperti mengganggu indra penciuman yang sedang terpaku pada bakmi. Seketika itu iseng untuk mencoba saat bakmi yang dinikmati belum juga habis. Dan, ah.. enak sekali. Nanti saya ceritakan bagaimana rasanya, sekarang kita habiskan dulu bakmi lezat yang sudah setengah jalan saya nikmati. Beberapa potong bakso yang sangat terasa daging sapi-nya masuk ke dalam mulut. Hmm..

Roti bakar serta pisang bakar yang dari tadi menunggu untuk dinikmati seakan tidak henti untuk menggoda saya yang sedang berkutat dengan bakmi roxy. Setelah beres menghabiskan semangkuk bakmi dengan beberapa butir bakso, ini saatnya kita mencicipi roti bakar dan pisang bakar yang tersedia.
Coklat Keju
beberapa pangunjung dengan Bakmi Roxy dan Roti Bakar
Potongan pertama dari roti bakar keju coklat langsung membuat saya ketagihan. Ketika potongan itu masuk ke dalam rongga mulut saya, indera pengecap segera merespon ke otak kemudian secara sadar saya mengatakan, ini enak sekali. Proses pembakaran yang pas dan tidak terlalu lama mungkin itu yang membuat efek “kres” dari roti bakar yang umumya ada menjadi hilang. Pas sekali. Mencoba roti isi komplit juga sama, nampaknya juru racik roti ini tahu betul bagaimana cara memanaskan roti dengan baik dan benar.

Isi dari ke dua roti bakar tersebut juga tidak tanggung, masing – masing saling mendominasi, tidak saling menghilangkan tekstur. Jadi indra pengecap saya benar – benar bisa merasakan tekstur coklat, keju bercampur dengan kacang secara bersamaan, dan itu unik. Jarang sekali ada roti yang sama – sama menonjolkan efek tekstur dari isinya.
Pisang Keju Coklat
Beralih ke pisang coklat keju. Pisang ini sangat manis. Ditambah taburan keju dan coklat dengan toping susu kental manis, membuat rasa pisang ini istimewa. Apalagi di dalamnya terdapat saus nanas yang membuat rasa sedikit asam untuk meredam kebosanan rasa manis yang ditimbulkan. Enak.

Tak salah kalau jika sewaktu – waktu sedang berada di daerah Cikini untuk berkunjung ke jajanan jalanan ini. Menghabiskan beberapa jam malam dengan Bakmi Roxy dan Ropita Boga Rasa dapat menciptakan dua komponen makanan yang saling mendominasi indra pengecap, dengan range harga dari 7000 - 12ooo rupiah, dijamin pasti ketagihan.

1 komentar:

  1. Play Slots Casino Games Online For Free At JCMH
    Free Slots, Blackjack, Roulette, Video Poker 강원도 출장마사지 and many more are 광주 출장샵 now available 포항 출장마사지 to play 익산 출장마사지 online, and some of the new games are now available for 인천광역 출장안마 free.

    BalasHapus